Posted by: mel | February 3, 2009

Maknai Doa Imlek, Presiden Ajak Warga Tionghoa Tak Golput

 TEMPO Interaktif, Jakarta, Senin, 02 Februari 2009

English translation

image_tempointeraktif_comPresiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta komunitas masyarakat Tionghoa tidak menjadi golongan putih alias golput pada pemilihan umum tahun ini. “Gunakanlah hak pilih secara baik,” pinta Presiden dalam sambutanya di Perayaan Tahun Baru Imlek 2560 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, kemarin.

Presiden berharap pesta demokrasi bisa dijalankan dalam suasana aman, tenteram dan damai. “Mari jadikan ajang Pemilu 2009 sebagai ajang pendidikan politik yang cerdas,” katanya. Ia juga mengajak agar segenap komponen bangsa menjaga kesatuan, kerukunan dan kebersamaan demi suksesnya demorkasi.

Presiden memaknai doa Imlek bahwa reformasi dan perubahan yang lebih baik mestilah berangkat dari pikiran yang terang, jiwa yang tulus dan bersih serta keberanian untuk berubah. “Keberanian untuk meninggalkan yang tidak baik, membangun yang baik agar masa depan lebih terang,” katanya.

Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono. Sekitar 5000 orang warga keturunan Cina ikut acara perayaan yang diselenggarakan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia.

Ketua Panitia Pelaksana Dede Hasan Senjaya menyatakan perayaan Imlek kali ini adalah kesepuluh kalinya berturut-turut sejak 2000. “Semoga Perayaan Tahun Baru Imlek ini membawa berkah bagi pembaharuan spirit, mental dan moral kita sebagai pribadi dan bangsa, menyongsong masa depan yang penuh tantangan,” katanya.

Dede mengatakan tema perayaan Imlek adalah Tuhan Melihat seperti Rakyat Melihat, Tuhan Mendengar seperti Rakyat Mendengar. Tema tersebut diamnil dari salah satu ayat di Kitab Suci Si Shu yang mengingatkan bahwa di balik kesederhanaanya, rakyat melihat dan memperhatikan segenap tindak-tanduk pemimpin dan calon pemimpinya.

Selamat Tahun Baru Imlek 2560, Gong He Xin Xi, Wan Shi Ru Yi. Selamat Tahun Baru, semoga semua permasalahan dapat teratasi dengan baik. 

GUNANTO E S

Advertisements

Responses

  1. can you translate or not?

  2. see this:

    http://translate.google.com/translate?prev=_t&hl=en&ie=UTF-8&u=http%3A%2F%2Fchineseindonesian.wordpress.com%2F2009%2F02%2F03%2Fmaknai-doa-imlek-presiden-ajak-warga-tionghoa-tak-golput%2F&sl=id&tl=en&history_state0=

    it gives you a direct translation so some of it might sound strange but the general topic is there


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: